Timika (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi Papua diminta memanfaatkan lulusan tenaga kesehatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jayapura

"Kami ini kan instuti dibidang pendidikan kesehatan, sehingga diharapkan para tenaga kesehatan yang diluluskan tiap tahun dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan di Papua," kata Direktur Politekknik Kemenkes Jayapura Isak Tukayo disela-sela rapat senat terbuka lulusan diploma tiga Politekknik Kemenkes Timika di Timika.

Menurut dia, diploma tiga Politekknik Kemenkes Timika kali ini meluluskan sebanyak 120 orang tenaga kesehatan dari tiga program studi yang ada.

Dari 120 tenaga kesehatan yang diwisuda itu terdiri program studi keperawatan sebanyak 56 orang, program studi kebidanan sebanyak 48 orang dan program studi kesehatan lingkungan 16 orang.

"Kami berharap kedepan ada Kementerian Kesehatan membantu kami menambah program studi baru lagi di Timika," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giyai menyatakan pemerintah kabupaten diwajibkan menerima tenaga kesehatan yang diluluskan dari Politekknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jayapura di masing-masing program studi yang dibuka disetiap kabupaten.

"Pemerintah daerah masing-masing kabupaten di Papua wajib menerima tenaga kesehatan yang lulus dari Politekknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jayapura," ujarnya.

Ia menambahkan, kualitas kelulusan dari Politekknik Kemenkes sudah teruji dengan akreditasi B untuk seluruh kampus Politekknik Kemenkes di seluruh Indonesia termasuk di Jayapura. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024