Jayapura (Antara Papua) - Satgas pengamanan perbatasan Yonif 310/Kidang Kancana (KK) menampilkan atraksi barongsai guna memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 pada karnaval di lapangan bola, Kampung Asikie, Kabupaten Boven Digoel, Papua, yang berbatasan dengan PNG.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif Yonif 310/KK Letnan Kolonel Inf Cecep Kurniyawan ketika dihubungi dari Kota Jayapura, mengatakan aksi barongsai itu diperagakan oleh sejumlah prajurit Yonif 310/KK dengan harapan masyarakat di Kampung Asikie dan sekitarnya dapat terhibur.

"Jadi, aksi barongsai dari prajurit satgas itu untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 pada karnaval di Asikie yang tak jauh dari perbatasan RI-PNG," katanya.

Ia mengemukakan awalnya karnaval yang mengelilingi Kampung Asikie yang diawali dari lapanggan bola dibawakan oleh sejumlah peserta dengan berbagai bentuk dan cara, telah menarik banyak warga dan anak-anak untuk berbondong-bondong menyaksikannnya, hingga pada saat finish kembali di lapangan bola.

"Prajurit satgas langsung mengakhiri karnaval itu dengan atraksi barongsai yang berwarna hijau, warga pun terlihat antusias karena mungkin pertama kali melihat secara langsung aksi tersebut," katanya.

Cecep menilai rasa patriotisme masyarakat Kampung Asikei yang tinggal di perbatasan RI-PNG, sangat luar biasa, hal ini terlihat dari banyaknya ragam kreasi yang ditampilkan oleh masyarakat setempat.

"Saya melihat semua elemen masyarakat saling mendukung, baik lintas agama maupun lintas budaya. Mereka menampilkan berbagai kreasi yang meghibur rakyat," katanya.

Kemeriahan karnaval tersebut, kata dia, adalah wujud dari solidaritas dan persatuan yang tinggi masyarakat Kampung Asikie yang memiliki keragaman suku, agama dan budaya yang berbeda, namun demi mengisi kemerdekaan mereka tetap konsisten untuk tetap menjaga perdamaian hingga tak terbatas waktu.

"Maju terus Indonesiaku, salam hormat dari prajurit Yonif 310/Kidang Kancana yang sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024