Jayapura (Antara Papua) - Bupati Mamberamo Tengah R Ham Pagawak mengaku telah mengusulkan tiga nama sebagai calon sekretaris daerah setempat setelah sebelumnya pejabat lama Charly Simanjuntak purnatugas.

"Tiga calon yang diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua nantinya menjalani tes cukup rumit sehingga akan dilihat hasilnya sesuai mekanisme berlaku," kata Ham di Jayapura.

Menurut Ham, proses terpilihnya sekda definitif memakan waktu yang cukup lama sekitar tiga sampai empat bulan sehingga ditunjuklah Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten Mamberamo Tengah Mesir Yikwa untuk mengisi kekosongan jabatan.

"Penunjukan Plh Sekda ini atas rekomendasi dari Gubernur Papua. Kami baru menyerahkan surat tugasnya kepada yang bersangkutan, yakni Mesir Yikwa," ujarnya.

Dia menjelaskan, proses pengangkatan sekda dengan aturan baru memang cukup memakan waktu, yakni tiga sampai empat bulan sehingga dengan kekosongan yang ada ini pihaknya mencoba untuk mengusulkan pejabat definitif.

"Pengangkatan pelaksana tugas tersebut untuk mengurus semua proses pelayanan di tingkat pemerintahan maupun di masyarakat," katanya.

Dia menuturkan nantinya waktu pengurusan, kesemuanya tergantung di bagian kepegawaian, jika memang bisa cepat maka bisa segera dilantik definitifnya.

"Proses seleksi harus melibatkan akademisi dan juga melibatkan pejabat di tingkat provinsi seperti Asisten Bidang Pemerintahan dan juga Biro Kepegawaian serta Badan Kepegawaian Negara (BKN)," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024