Jayapura (Antara Papua) - Manajemen PT Pelindo (Persero) IV Cabang Jayapura mulai mengoperasikan dermaga baru yang dikhususkan untuk melayani kapal penumpang di Pelabuhan Jayapura.

"Dermaga baru ini dikhususkan untuk kapal penumpang yang selama ini masuk ke Pelabuhan Jayapura, yaitu kapal dengan tipe 2.000 penumpang dengan DWT sekitar 7.000, kapasitas kita sampai 10.000 DWT," ujar General Manager Pelindo IV Cabang Jayapura, Jusuf Junus, di Jayapura, Rabu.

Ia menjelaskan, dengan telah beroperasinya dermaga tersebut, maka kini di areal Pelabuhan Jayapura sudah terdapat tujuh dermaga yang memiliki spesifikas berbeda-beda.

"Jadi ke depan kapal-kapal dapat melakukan aktifitas lebih baik lagi setelah Pemindo membuat justifikasi untuk penambahan fasilitas, seperti menambah panjang dermaga. Kapal-kapal ini panjangnya 146 meter, dermaga kita yang ada 125 meter, tetapi sudah bisa beroperasi," kata dia.

"Kita berharap dengan pembangunan dermaga ini, zonasi kegiatan di pelabuhan bisa dilaksanakan dengan baik, katanya.

Jusuf memastikan dermaga yang baru dioperasionalkan tersebut juga akan dioperasionalkan untuk pelayanan penumpang.

Menurutnya dengan terus ditingkatkannya sarana infrastruktur tersebut, aktifitas kepelabuhanan di Pelabuhan Jayapura lebih optimal.

"Mobilitas pergerakan barang maupun penumpang akan lebih meningkat dari kapasitas yang sebelumnya. Pelayanan penumpang akan lebih tertib, dan pelayanan publik akan lebih baik lagi," kata Jusuf. (*)

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024