Biak (Antaranews Papua) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Biak Numfor, Papua melakukan pengawasan pemeriksaan kesehatan terhadap tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati setempat di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Papua di Jayapura, Jumat.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Biak Numfor Siska Rumbiak yang dihubungi di Biak, Jumat, mengatakan tahapan pilkada serentak 2018 telah memasuki pemeriksaan kesehatan bagi tiga pasangan bakal calon yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 8-10 Januari 2018.

"Tiga anggota Panwaslu berangkat ke Jayapura dalam rangka menjalankan tugas pengawasan tahapan pilkada serentak 2018," kata Siska Rumbiak di Bandara Frans Kaisiepo.

Data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Biak Numfor, disebutkan tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Biak yang akan menjalani tes kesehatan, tes urine, dan psikotes, yakni pasangan perseorangan Andreas Msen-Yustinus Noriwari.

Selain itu, dua pasangan calon dari parpol, yakni Nicodemus Ronsumbre yang diusung oleh Partai Demokrat, Nasdem, PPP, PKB, dan PAN serta pasangan calon Herry Ario Naap-Nehemia Wospakrik yang didukung oleh partai Golkar, PDIP, PBB, dan Hanura.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum Biak Jackson S Maryen mengatakan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar itu sebagai kelanjutan tahapan pilkada serentak 2018.

"Untuk tes kesehatan sesuai keputusan KPU dilakukan di RSUD Dok II Jayapura dan tes urine akan dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua," ujarnya.

Hingga Jumat sekitar pukul 09.00 WIT, aktivitas Kantor KPU Kabupaten Biak Numfor di Jalan Tanjung Mandouw dan Panwaslu di Jalan Pramuka Distrik Biak Kota tampak masih dijaga personel Kepolisian Resor Biak Numfor. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024