Jayapura (Antaranews Papua) - Pengurus Pusat Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) periode 2018-2023 dilantik oleh Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Politik dan Kesatuan Bangsa Simeon Itlay, di Gedung Sasana Krida, di Jayapura, Jumat.

Pelantikan pengurus KAPP periode lima tahun itu ditandai dengan prosesi adat "injak piring", yang dihadiri oleh berbagai mitra perbankan dan swasta serta perwakilan dewan adat di Papua.

Pada momentum tersebut, Simeon Itlay mengatakan KAPP sebagai wadah resmi binaan Pemprov Papua dituntut untuk berani berkiprah, inovatif, berwawasan nasionalis, tetapi juga intelektual dan berintegrasi.

"Hal tersebut bagian dari ciri para pengusaha di mana dituntut untuk selalu berpikir cerdas, membaca peluang dan tangguh menghadapi berbagai goncangan ekonomi," katanya.

KAPP juga diharapkan lebih strategis memposisikan diri dalam mengembangkan posisi daerah karena sumber daya alam di Tanah Papua masih belum tereksplorasi secara maksimal sehingga pemgusaha masih sangat terbatas.

"Selain itu juga, kami berharap para pengusaha muda di Papua juga dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun perekonomian daerah yang lebih luas," ujarnya.

Dia menambahkan, dunia usaha ke depan sangatlah kompleks dan kompetitif karena pergerakannya yang cenderung pada persaingan global, di mana gambaran ini tidak dapat dihindari apalagi dibendung namun harus dihadapi dengan kemampuan juga keunggulan komperatif.

"Kami berharap KAPP sebagai mitra strategis pemerintah daerah bukan hanya pemda Provinsi Papua tetapi juga mampu mengakar ke pemerintah kabupaten maupun kota yang ada di seluruh Tanah Papua," kata Simeon.  (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024