Jayapura (Antaranews Papua) - Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) regional wilayah adat Animha di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, mengawasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe B yang sedang dibangun di daerah itu.

"Kalau secara finansal kami tidak punya dana untuk pengawasan, namun untuk pengawasan perkembangan pembangunannya kami agendakan ditahun ini," kata Direktur UP2KP Regional Adat Animha di Merauke Fransiska Gondro Mahuze, ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Kamis.

Menurut dia, hingga kini pihaknya belum mengetahui jumlah dana yang dicairkan untuk pembangunan rumah sakit tersebut, baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten untuk kelanjutan pembangunan RSUD tipe B Merauke itu.

Demikian pula perkembangan pembangunan rumah sakit tersebut, sehingga dipandang perlu untuk dilakukan pengawasan.

Wilayah adat Animbah meliputi Kabupaten Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Kabupaten Asmat.

Pada 18 Oktober 2016, Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Bupati Merauke Frederikus Gebze meletakkan batu pertama pembangunan RSUD Tipe B itu.

Pembangunan rumah sakit tersebut merupakan bagian dari upaya mewujudkan program strategis Gubernur Lukas Enembe dalam mendekatkan pelayanan kesehatan rujukan bagi rakyat Papua. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024