Biak (Antaranews Papua) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membangun menara Base Transceiver Station (BTS) atau infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator, di Kampung Mambiori Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Kepala Distrik Warsa Marthen Wompere di Biak, Kamis, mengakui pembangunan menara BTS itu merupakan permintaan masyarakat yang disampaikan ke Kemkominfo melalui dinas terkait di Kabupaten Biak Numfor.

Diharapkan tahun ini menara BTS itu sudah dapat digunakan guna menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan jasa komunikasi dan informasi di kampung tersebut.

Ia mengatakan bahwa penggunaan BTS di Kampung Mambiori untuk melayani kebutuhan informasi di pedalaman kampung distrik Warsa hingga ke perbatasan Kabupaten pemekaran Supiori.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Biak Numfor Salmon Yensenem mengatakan bahwa pembangunan BTS di berbagai distrik Kabupaten Biak Numfor sudah menjadi program pemerintah untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan ketersediaan layanan komunikasi.

Pada 2017, kata dia, sudah direaliasikan pembangunan BTS di Distrik Bondifuar dan Biak Utara.

Dengan adanya jaringan komunikasi telepon seluler, lanjut dia, akan memberikan pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat berbagai kampung.

Berdasarkan data sejumlah wilayah pantai Utara Biak, seperti Distrik Andey, Yawosi, Biak Utara, Warsa, dan Distrik Bondifuar telah dibangun menara BTS untuk kebutuhan jaringan telepon seluler berbagai kampung.

Pada menara BTS itu dipasang perangkat BTS yang mengirimkan dan menerima sinyal radio ke perangkat mobile dan mengkonversi sinyal-sinyal tersebut menjadi sinyal digital untuk selanjutnya dikirim ke terminal lainnya untuk proses sirkulasi pesan atau data. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024