Wamena (Antaranews Papua) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo mulai mendistribusikan logistik pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua, ke daerah yang tidak bisa dijangkau kendaraan darat, menggunakan Maskapai Cenderawasih, pada Kamis.

Ketua KPU Yalimo Yanes Alitnoe di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan pengiriman logistik lebih diprioritaskan ke daerah terjauh, misalnya di Distrik Benawa.

"Satu titik kita sudah distribusi yaitu di Kampung Kilika, Distrik Benawa dengan menggunakan pesawat kecil milik maskapai Cenderawasih," katanya.

Logistik yang dikirim ke Kilika tersebut akan dibagi untuk 14 tempat pemungutan suara (TPS) di sana.

KPU Yalimo berencana melakukan pengiriman logistik lagi ke Distrik Walarek pada Jumat,(22/6) dan Distrik Apalapsili pada Sabtu, (23/6).

Pendistribusian logistik ke dua distrik itu juga menggunakan jalur udara, yaitu dengan maskapai Cenderawasih yang sudah melakukan kerjasama dengan KPU.

"Mudah-mudahan cuaca baik sehingga pendistribusian yang akan dilakukan hingga Sabtu bisa berjalan lancar. Di Yalimo sendiri ada 302 TPS dari lima distrik," katanya.

Dari lima distrik di Yalimo, hanya dua distrik yang pendistribusian logistik pilkada dilakukan melalui jalur darat yaitu mobil dan motor.

"Untuk distrik yang ditempuh jalan darat, yaitu Distrik Abenaho dan Elelim, pendistribusian logistiknya akan dilakukan pada 24 hingga 25 Juni," katanya. (*)

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024