Jayapura (Antaranews Papua) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyosialisasikan pemberantasan korupsi terintegrasi di lingkungan Pemkab Mimika, Provinsi Papua, Kamis.

Koordinator Supervisi dan Pencegahan KPK RI untuk Wilayah Papua Maruli Tua dalam sambutannya mengajak seluruh ASN dan honorer di lingkungan Pemkab Mimika untuk memerangi korupsi.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi dalam rangka pencegahan korupsi terkait dengan kemanusiaan, karena pencegahan korupsi bertujuan untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

"Mulai saat ini, kita harus bisa mengantisipasi tindakan korupsi, jika masih ada maka segera hentikan. Kami ingin bertemu dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng terkait dengan upaya pencegahan korupsi ini," kata Maruli.

Maruli menyayangkan ketidakhadiran Eltinus Omaleng dalam kegiatan tersebut. Padahal, menurut dia, kegiatan tersebut sangat penting dalam rangka membangun komitmen bersama.

Sebab menurut Maruli cara nencegah korupsi meliputi komitmen pimpinan, perbaikan sistem dan tata kelola pemerintahan serta penguatan SDM.

Ia juga mengatakan bahwa titik rawan korupsi biasanya terkait dengan perencanaan APBD, tender, perizinan, pembahasan dan pengesahan regulasi, pengolahan pendapatan daerah, rekrutmen, promosi, mutasi dan rotasi kepegawaian, pelayanan publik serta proses penegakan hukum.

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang menyatakan dukungannya terkait dengan pemberantasan dan pencegahan korupsi di Mimika.

 Yohanis berharap melalui kegiatan tersebut, semua pihak bisa menyamakan persepsi, sebab jika tidak maka upaya tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024