Wamena (Antaranews Papua) - Telkomsel memperkuat layanan di daerah destinasi wisata di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, melalui penambahan base transceiver station (BTS) hingga layanan khusus seperti "combat fun".

Dalam rangka mendukung komunikasi turis yang menyaksikan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2018 di Jayawijaya, Telkomsel telah menambah satu BTS 4G LTE di Bandara Wamena.

"Ini merupakan BTS ke-18 yang dihadirkan Telkomsel di Jayawijaya. Ini bukti komitmen Telkomsel membangun infrastruktur komunikasi di wilayah pegunungan, sekaligus memperkuat daerah destinasi pariwisata di Indonesia Timur," kata Vice President ICT Operation Telkomsel Area Pamasuka, Samuel L Pasaribu, dalam rilis yang diterima Antara di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa.

Pengembangan infrastruktur komunikasi itu dilakukan sebab hampir sebagian besar aktivitas wisatawan seperti mencari dan melihat informasi, memesan paket wisatawa hingga pembayaran, dilakukan secara digital.

"Disamping itu, kini wisatawan juga semakin aktif dalam mengunggah foto dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan," katanya.

Untuk menunjang ekosistem `broadband` yang dapat dimanfaatkan oleh industri pariwisata, Telkomsel Papua telah membangun 1.500 BTS 3G dan 4G di beberapa kabupaten untuk memberikan `experience` berkomunikasi khususnya layanan `broadband` yang berkualitas.

"Harapan kami, peran Telkomsel dalam mendigitalisasi dunia pariwisata dapat menarik wisatawan untuk berkunjung, langsung menikmati Wonderful Indonesia sehingga pelaksanaan di tahun berikutnya, festival budaya semakin mendunia dan turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Khusus di lokasi FBLB 2018, Telkomsel menghadirkan layanan "combat fun" untuk meberikan layanan komunikasi baik voice, SMS maupun data kepada sejumlah turis.

"Tidak hanya lokasi utama festival saja yang kami lakukan `drive test`, lokasi-lokasi seperti public area dan hotel kami akses karena lokasi-lokasi tersebut yang menjadi tempat berkumpulnya wisatawan setelah menyaksikan festival budaya," katanya.

Dari sisi penjualan, Telkomsel menempatkan "Booth" penjualan di lokasi FBLB yang sudah berlangsung, guna memudahkan wisatawan mancanegara maupun lokal untuk mendapatkan produk, layanan dan informasi terkait telkomsel.

Dalam rilis disebutkan bahwa Telkomsel memberikan harga promo yaitu 175k untuk kuota data 35 Gb, dan 150k untuk kuota data 25 Gb.

"Tidak hanya penjualan perdana prepaid saja, layanan lainnya seperti isi ulang pulsa regular, MKIOS Data BULK, penukaran Telkomsel Poin hingga layanan aktivasi paket internet kami hadirkan di `Booth," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024