Jayapura (Antaranews Papua) - PLN Wilayah Papua dan Papua Barat siap menyuplai listrik ke Papua Nugini (PNG) khususnya Wutung yang berbatasan dengan Skouw, Kota Jayapura.

General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) JA Ari Dartomo dihubungi di Jayapura, Jumat mengatakan, pada prinsipnya PLN siap menyuplai listrik ke wilayah negara tetangga, PNG.

Penjajakan atau pembicaraan tentang rencana tersebut sudah dilakukan antara PLN dengan PNG Power Limited, sebesar 2 megawatt dan tahap pertama di Wutung.

"Rencana menyuplai listrik ke PNG sudah dijajaki sejak 2013 namun karena ketersediaan listrik masih terbatas maka hal itu belum dapat direalisasikan," kata Darmono seraya menambahkan saat ini PLN sudah dapat menyuplai listrik ke PNG melalui PLTMG Holtekam.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, saat ini sedang dipersiapkan seluruhnya oleh kedua belah pihak sehingga jual-beli listrik dengan PNG dapat segera terealisasikan.

Sementara itu, Konsul RI untuk Vanimo, PNG, Abraham Lebelauw secara terpisah mengatakan penjajakan kerja sama di bidang kelistrikan antarkedua negara terus dilakukan dengan kunjungan dari PNG Power Ltd ke PLN WP2B di Jayapura, Kamis (13/9).

"Dalam kunjungan tersebut delegasi PNG di pimpin Asaka Togono dan itu merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kota kembar antara Jayapura-Vanimo," kata Lebelauw.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024