Asmat (Antaranews Papua) - Bupati Asmat Elisa Kambu mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah memprogramkan pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Apresiasi tersebut disampaikan Bupati Asmat Elisa Kambu saat mendampingi Direktur Pembangunan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Achmad Herry Marzuki dan Kepala

Balai Pembangunan Jalan dan Jembatan Wilayah XVIII Papua Osman Harianto Marbun memantau pembangunan jalan beton, jembatan gantung serta fasilitas air bersih di Asmat, belum lama ini.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Asmat kami sampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR karena telah memberikan perhatian yang besar untuk Asmat,” kata Elisa.

Elisa mengatakan Kementerian PUPR tengah melaksanakan sejumlah proyek di Asmat, antara lain pembangunan jalan beton dan jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Kaye dan Syuru, pembangunan enam fasilitas air bersih dan pembangunan perumahan masyarakat.

“Untuk fasilitas air bersih itu tiga bak penampung di Kampung Yepem, satu bak di rumah sakit dan sisanya di Fayit. Sementara untuk perumahan rakyat ada program bedah 1000 rumah serta pembangunan 150 unit rumah warga,” kata Elisa.

Ia mengatakan Kementerian PUPR juga akan membangun Lapangan Yos Sudarso yang sebelumnya berlantai papan diubah dengan konstruksi beton.

 “Kita berharap agar pemerintah pusat tetap berkomitmen untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Asmat melalui berbagai program pembangunan yang diturunkan,” ujarnya.

Kepala Balai Pembangunan Jalan dan Jembatan Wilayah XVIII Papua Osman Harianto Marbun mengatakan pihaknya memprogramkan pembangunan lima jembatan gantung di Asmat. Yang sementara dikerjakan ialah jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Kaye dan Syuru.

“Untuk empat jembatan gantung lagi kami akan bangun di Distrik Pantai Kasuari, Sawa Erma, Kampung Sagare Distrik Awyu dan Tomor,” kata Osman.

Direktur Pembangunan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Achmad Herry Marzuki mengatakan pihaknya berkomitmen untuk merampungkan berbagai proyek infrastruktur di Kabupaten Asmat.

“Sesuai target kami, pembangunan jalan, jembatan, fasilitas air bersih, perumahan masyarakat dan perumahan pegawai akan selesai pada akhir Desember 2018. Informasinya akan diresmikan oleh Presiden,” kata Herry. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024