Jayapura (Antaranews Papua)- Dinas Kesehatan Provinsi Papua meminta kepada para bupati khusus kabupaten yang capaian imunisasi meales-rubella (MR) masih rendah agar memperhatikan pelaksanaan imunisasi tersebut di daerah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Alosius Giyai di Jayapura, Jumat mengemukakan peningkatan capaian imunisasi MR guna menyelamatkan generasi Papua dari ancaman berbagai macam penyakit.

Bentuk perhatian dari kepala daerah seperti mengeluarkan kebijakan khusus untuk menjamin pelaksanaan imunisasi tersebut agar capaian imunisasinya meningkat.

Daerah dengan Medan yang sulit seperti Kabupaten Paniai dan Kabupaten Mamberamo Tengah mereka bisa mampu menyelesaikan imunisasi dengan baik, capaian imunisasinya meningkat.

"Dua kabupaten ini bisa menjadi contoh bagi beberapa kabupaten lainnya di pegunungan Papua. Keadaan geografis dua kabupaten ini sama dengan kabupaten lainnya di pegunungan Papua tapi mereka bisa terobos," ujarnya

Mantan Direktur RSUD Abepura ini menilai kabupaten lain di pegunungan Papua yang capaian imunisasinya masih rendah karena dukungan bupati dan kepala Dinas kesehatan rendah.

Lanjut dia, tidak ada kemauan keras untuk melayani masyarakat kecil, rasa memiliki, hati untuk melayani. Jika bupatinya serius dan sungguh-sungguh untuk melayani maka bila perlu menyiapkan helikopter untuk melakukan pelayanan imunisasi.

"Karena ini penyelamatan generasi, jadi perlu ada kebijakan bupati yang tujuannya menyelamatkan generasi Papua, supaya jangan kita dengar lagi di kampung ini ada wabah atau kematian," ujarnya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024