Jayapura (Antaranews Papua) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menggelar berbagai perlombaan guna memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun yang akan jatuh pada 12 November 2018.
   
Kepala Dinkes Papua Aloysius Giyai ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat, mengemukakan berbagai lomba itu berlangsung di depan Kantor Dinkes Papua pada Jumat (11/9).
   
"Halaman Kantor Dinas Kesehatan Papua penuh dengan peserta lomba. Semua satuan kerja (satker) terkait kesehatan ikut dalam berbagai lomba-lomba yang dilaksanakan," ujarnya.

Aloysius merinci satuan kerja dan lintas sektor kesehatan yang mengikuti lomba di antaranya Rumah Sakit (RS) TNI Angkatan Darat Marthen Indey, RS Provita, RS Dian Harapan, DSUD Abepura, dan RSUD Jayapura.

Selanjutnya, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Papua, dan Balitbangkes Provinsi Papua.
   
"Semua lintas sektor kesehatan ikut serta dalam lomba yang dilaksanakan oleh Dinkes Papua dalam rangka peringatan HKN 2018," ujarnya.
   
Mantan Kepala Puskesmas Koya ini mengatakan, sebelum lomba, diawali dengan jalan santai bersama yang berlangsung sekira pukul 07.00 WIT. 
   
Berbagai lomba yang digelar di antaranya lomba tarik tambang, dan lomba  gaplek berhadiah antar instansi kesehatan.
   
Hari Kesehatan Nasional yang selalu di peringati setiap 12 November pada tahun ini Kemenkes mengambil tema"Aku Cinta Sehaf', dengan subtema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita."
   
Tema ini sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program lndonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (P|S-PK), yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangu nan kesehatan.
   
Kesempatan inijuga merupakan momentum yang baik untuk kita merenungkan dan introspeksi terhadap apa yang telah kita capaidalam pembangunan kesehatan.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024