Jayapura (ANTARA News Papua) - Anggota Babinsa Koramil 1712-06/Bonggo dan warga menanam dua ratus pohon untuk ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi di Kampung Tetomjaya SP3, Distrik Bonggo, Kabupaten Sarmi, Papua.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 172/PWY Mayor CHK Eka Yudha di Kota Jayapura mengatakan 200-an pohon yang ditanam oleh Babinsa Koramil 1712-06/Bonggo bersama warga setempat itu diantaranya adalah pohon jeruk, durian, mangga dan gaharu. 

"Sekitar 200 pohon yang menghasilkan buah itu ditanam dilahan kelompok tani bersama yang diketuai oleh Bapak Herman di Jalur 3 lama Kampung Tetomjaya Sp 3, Distrik Bonggo Kabupaten Sarmi pada Minggu (13/1)," katanya. 

Pada momentum itu, kata dia, Herman selaku ketua kelompok tani Kampung Tetomjaya mengapresiasi sikap dan tindakan yang dilakukan oleh para Babinsa Bonggo, yang ikut serta melaksanakan penanaman dua ratus pohon yang nantinya menghasilkan buah-buahan.

"Pak Herman selaku ketua kelompok tani sangat berterima kasih atas perhatian dan partisipasi dari Babinsa dalam rangka penanaman pohon itu. Menurut dia kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kelestarian alam dan juga tentunya untuk generasi anak cucunya nanti," katanya.

Lebih lanjut, Eka mengemukakan kegiatan yang dilaksanakan itu adalah sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah maupun oleh TNI AD secara serentak di seluruh Indonesia melalui serbuan teritorialnya. 

 "Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggugah warga agar memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produksi dengan menanam pohon yang berbuah jangka panjang yang mana dapat menunjang perekonomian warga di masa mendatang," katanya.

Kehadiran para Babinsa ditengah-tengah masyarakat, lanjut Eka, sebagai wujud peran aktif Babinsa dalam setiap pelaksanaan tugasnya.
"Menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar dan asri," katanya.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024