Jayapura (ANTARA) - Gerakan Rakyat Cinta (Gercin) NKRI menerjunkan sebanyak 100 relawan untuk menyalurkan bantuan bahan makanan dan lainnya ke beberapa kampung di Distrik Ravenirara, Kabupaten Jayapura, Papua.

Ketua umum Gercin NKRI Hendrik Yance Udam di Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, mengatakan penyaluran bantuan tersebut dilakukan pada Senin (25/3) dengan menumpangi perang TNI AL yakni KRI Yos SUdarso 353 yang berangkat dari dermaga umum pelabuhan laut Kota Jayapura.

"Jadi, relawan Gercin NKRI bersama Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika bersama pejabat utama, kami pakai kapal perang KRI Yos SUdarso 353 salurkan bantuan dari pihak ketiga ke Distrik Ravenirara, katanya didampingi Ketua Gercin NKRI Provinsi Papua Alberth A Wanggai Kabiai.

Dalam penyaluran tersebut, kata dia, menempuh waktu kurang lebih tiga jam perjalanan laut, setelah sampai disana bantuan kemudian dipindahkan ke speedboat atau perahur milik warga.

"Ini karena kapal besar, jadi kami berlabuh, kemudian bantuan kami pindahkan ke speedboat dan perahu-perahu milik warga yang menerima bantuan tersebut," katanya.

Hendrik Yance Udam yang akrab disapa HYU, mengungkapkan bantuan dari pihak ketiga itu dari Ramayana Mall Abepura, salah satu mall terbesar di Distrik Abepura.

"Bantuannya sudah dikemas dalam kantong plastik sebanyak 200 kantong, yang kami salurkan kepada warga di Distrik Ravenirara yang ikut terdampak fenomena alam, banjir bandang di Kabupaten Jayapura, katanya.

Gercin NKRI, kata HYU, dalam satu dua hari kedepan juga akan memberikan bantuan beras dan bahan makanan pokok lainnya kepada warga yang terdampak banjir bandang tersebut.

"Mungkin setelah kami ikuti prosesi pemakaman massal di Kampung Harapan, setelah itu bisa langsung salurkan bantuan bisa hari ini atau besok," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024