Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua menyinkronkan perencanaan pembangunan bersama para pemangku kepentingan di wilayah setempat melalui pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Inspirasi 2020.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Jayapura, Rabu mengatakan hal ini merupakan sebuah momentum penting dalam pembangunan Bumi Cenderawasih, terlebih dikarenakan adalah musrenbang pertama periode 2018-2023, di mana pemerintah provinsi dan kabupaten dapat menyelaraskan perencanaan dengan mengacu pada RPJMD Papua 2018-2023.

"Dengan melihat pentingnya Musrenbang RKPD 2020 ini, maka Pemerintah Provinsi Papua melakukan sebuah pendekatan inovatif yang dinamakan Musrenbang Inspirasi," katanya.

Menurut Klemen, Musrenbang Inspirasi mempertemukan pemerintah provinsi dan kabupaten dengan berbagai aktor pembangunan untuk saling bertukar pengetahuan tentang praktik-praktik baik pembangunan daerah.

"Pendekatan inovatif ini memungkinkan pemerintah provinsi dan kabupaten serta pemangku kepentingan pembangunan, untuk melakukan sinkronisasi serta harmonisasi secara efisien dan efektif berdasarkan data pembangunan terkait pendekatan yang tepat guna sehingga dapat menghindari trial and error dalam pendekatan pembangunan di Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini sesuai dengan Kerangka Pembangunan Provinsi Papua 2019-2023 yang berada dalam visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan.

"Guna memastikan pembangunan yang dilaksanakan dapat menghilangkan perasaan masyarakat Papua terhadap bentuk ketidakadilan, marginalisasi, ketimpangan dan diskriminasi," katanya lagi.

Dia menambahkan diharapkan penyelenggaraan Musrenbang Inspirasi ini dapat direplikasi oleh kabupaten-kabupaten lain di provinsi Papua, dengan harapan untuk meciptakan budaya pertukaran informasi dan pengetahuan praktik baik antar pemangku kepentingan yang tepat guna untuk mendukung percepatan pembangunan di Papua.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024