Wamena (ANTARA) - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Papua Christine L Mano melantik anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jayawijaya menjadi pengurus Kwartir Cabang Jayawijaya masa Bakti 2019-2024 di Jayawijaya, Senin.

Anggota Forkopimda Jayawijaya yang dilantik sebagai pengurus yakni Bupati Jayawijaya, Dandim 1702/Jayawijaya, Kapolres Jayawijaya, Danyonif 765, Sekda, Ketua DPRD, Ketua Kejari dan pejabat lainnya.

Ketua Mabicab Pramuka Jayawijaya Jhon Richard Banua pada pelantikan tersebut mengharapkan pengurus pramuka memperhatikan tugas utama gerakan pramuka, yaitu beriman, bertakwa, disiplin serta menjunung tinggi nilai luhur bangsa.

"Perilaku generasi muda Indonesia telah berubah sehingga kegiatan yang hendak dilakukan harus menitikberatkan pada pembinaan karakter agar mereka siap menjadi agen perubahan dan pembangunan," katanya.

Majelis pembimbing cabang (Mabicab) Jayawijaya mengharapkan kepala-kepala sekolah mengaktifkan kembali pembinaan kepramukaan di sekolah.

"Supaya adik-adik memiliki karakter dan jiwa supaya menjadi teladan bagi generasi muda," katanya.

Selanjutnya, Christine L Mano mengatakan gerakan pramuka tidak dipaksa tetapi dengan suka dan rela untuk membina generasi muda ke depan.

"Kita bekerja dengan suka dan rela oleh sebab itu atas nama Ketua Kwartir Pramuka Papua, menyampaikan terimakasih kepada kamabicab dan unsur terkait yang sudah dilantik," katanya.

Ia juga mengharapkan ada satuan karya pramuka yang dibina oleh dinas-dinas terkait di Jayawijaya.

"Dalam K13 itu pramuka harus ada di setiap sekolah. Di gugus-gugus depan harus diaktifkan kembali," katanya.

Christine mengharapkan pengurus pramuka tingkat kabupaten memberikan pertanggungjawaban atas setiap anggaran yang diberikan oleh pemerintah.

"Laporan keuangan sangat penting. Apa yang kita terima itu yang kita laporkan," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024