Timika (ANTARA) - Pelaksanaan shalat Idul Adha 11 Dzulhijjah 1440 Hijriah digelar pada 65 lokasi di seluruh wilayah di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Minggu pagi.

Di Lapangan Timika Indah yang merupakan pusat kegiatan shalat Idul Adha, ibadah tersebut diikuti ribuan jamaah yang datang dari berbagai wilayah di seputaran Kota Timika.

Meski dalam kondisi cuaca mendung dan dikhawatirkan turun hujan, namun umat Islam tetap khusuk melaksanakan shalat Idul Adha yang dipimpin Imam Ustadz Gus Mursyid SQ Al Hafidz. Sementara khotbah Idul Adha disampaikan oleh Khotib H Agussalim Abubakar.

Shalat Idul Adha dilaksanakan dalam dua rakaat.

Ketua Panitia Hari Besar Islam/PHBI Kabupaten Mimika, Laitam Gredenggo melaporkan bahwa jumlah hewan kurban yang disembelih pada perayaan Idul Adha tahun ini yaitu sapi sebanyak 323 ekor dan kambing 271 ekor.

Hewan kurban tersebut disebar ke setiap masjid dan yayasan untuk disembelih guna dibagikan kepada umat Islam dan warga sekitar.

Laitam mengatakan seluruh hewan kurban tersebut berasal dari sumbangan umat Islam dan tahun ini Pemkab Mimika sama sekali tidak memberikan sumbangan hewan kurban.

"Tahun ini tidak ada bantuan hewan qurban dari pemerintah daerah, seluruhnya berasal dari umat," kata Laitam.

Wakil Ketua PHBI Mimika, Umar Habib mengatakan penentuan 65 lokasi shalat Idul Adha 11 Dzulhijjah 1440 Hijriah tahun ini diputuskan berdasarkan hasil rapat PHBI bersama Ormas Islam, para ustadz dan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se Mimika pada 4 Agustus di Masjid Agung Babussalam Timika.

Selama berlangsungnya shalat Idul Adha di Lapangan Timika Indah, pengamanan di sekitar area lapangan tersebut dilakukan oleh aparat TNI dan Polri, Dinas Perhubungan serta para pemuda Gereja Katolik, Protestan, Hindu dan Budha serta pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama/FKUB Mimika.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024