Wamena (ANTARA) - Bupati Jayawijaya John Richard Banua memotivasi petani sayur dan umbi di Kampung Kosihilapok, Distrik Musatfak agar lebih giat bekerja seperti membuka lahan perkebunan.

Bupati John Richard Banua di Distrik Musatfak, Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan dahulu Musatfak merupakan satu daerah penghasil sayur, namun kini mati sehingga hendak dihidupkan kembali.

Jhon mengatakan petani di Musatfak pernah mengirim sayur dalam jumlah besar ke Kabupaten Timika. Tetapi kini petani tidak lagi mengirim sayur mayur karena sudah tidak berproduksi.

"Saya berharap kita kembalikan lagi kegaitan bertanam. Kami minta organisasi perangkat daerah terkait lebih banyak turun ke petani," katanya.

Ia memerintahkan dinas pertanian untuk terus memberikan bibit sayur kepada petani yang rajin berkebun atau membuka lahan.

"Kita tingkatkan kembali sayur dan umbi yang kita lihat sudah mulai berkurang agar kembali seperti Wamena yang dahulu," katanya.

Pada kegiatan panen ubi dan sayur tersebut, bupati mengimbau kepala-kepala kampung memberikan porsi dari dana kampung yang diterima untuk pembukaan lahan pertanian.

Bupati mengaku telah mengeluarkan edaran kepada 328 kepala kampung untuk mengalokasikan dana kampung untuk sektor pertanian.

"Dinas terkait jangan hanya terima proposal masyarakat di kantor. Harus turun ke kampung dan lihat petani-petani yang mau bekerja, lalu bantu mereka," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024