Jayapura (ANTARA) - Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono mengakui jalan penghubung menuju jembatan Holtekam hingga kini belum tuntas khususnya ruas yang menjadi tanggung jawab Pemprov Papua.

Untuk pembangunan jembatan sudah selesai dilaksanakan, namun jalan-jalan penghubung yang menjadi kendala terutama masalah ganti rugi tanah.

"Khusus untuk jembatan, pembangunannya sudah selesai dilaksanakan," kata Menteri Basuki di Jayapura, Selasa.

Ia mengatakan pemerintah pusat sebetulnya siap membantu menangani pembebasan lahan namun itu dapat dilakukan setelah gubernur menyurat guna menghindari terjadinya kasus salah pembayaran.

Yang mengetahui permasalahan di daerah adalah pemda setempat termasuk siapa pemilih lahan yang sesungguhnya agar tidak terjadi kasus salah membayar atau membayar ke bukan pemilik lahan, kata Menteri Basuki.

Wakil Walikota Jayapura Rustam Saru mengatakan, untuk pembangunan jalan penghubung yang menjadi tanggung jawab Pemkot Jayapura saat ini dalam proses pengerjaan.

Untuk jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Jayapura tidak ada masalah, kata Rustam Saru. Pembangunan jembatan Holtekam yang menghubungkan Hamadi-Holtekam itu telah menghabiskan dana sekitar Rp 1,8 T.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024