Medan (ANTARA) - Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin langsung upacara militer penyambutan jenazah Kapten Inf (Anumerta) Erizal Zuhri Sidabutar di Terminal Cargo Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Kamis malam (19/12) sekira pukul 23.40 WIB.

Almarhum Kapten Inf Erizal merupakan Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Gakum TNI bersama Polri dan gugur pada Selasa, 17 Desember 2019 saat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Daerah Sungapa, Intan Jaya, Papua, tiba di Bandara Interanasional Kualanamu dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GA-196.

Dalam upacara militer itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah bertindak sebagai Inspektur upacara.

Upacara militer penyambutan anak kedua dari pasangan Aiptu Rukur Sidabutar yang bertugas di Polres Dairi dan Ibu bernama Elizabeth Chiristina boro Siahaan diikuti oleh pejabat TNI dan Polri wilayah Sumatera Utara.

Turut hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiarto, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kabinda Sumuta Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, PJU Kodam I/BB dan Kabid Propam Polda Sumut.

Selesai upacara jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar diberangkatkan dengan mobil Ambulance Kodim 0201/BS menuju Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menjelaskan berdasarkan permintaan keluarga jenazah almarhum akan dikebumikan di kampung halamannya di Sidikalang usai Shalat Jumat (20/12).

Fadhilah menegaskan pihaknya bersama seluruh jajaran TNI-Polri merasa sangat berduka atas musibah yang terjadi kepada Kapten Anumerta Erizal.

"Kita semua turut berduka, beliau adalah Prajurit Terbaik.Kita semua sebagai senior dan sebagai sesama prajurit memberikan rasa bangga dan hormat kepada almarhum.Karena almarhum telah benar-benar memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara," ucap jenderal bintang dua itu.

Ia mengatakan pengabdian dan semangat almarhum semasa hidupnya sangat diharapkan bisa terbawa kepada prajurit yang ada.Kepada pihak keluarga agar diberikan kekuatan, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini.

"Atas jasa dan pengabdian terbaik almarhum, maka TNI AD memberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi kepada Lettu Inf menjadi Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024