Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpaw, Selasa(21/1) memimpin penandatanganan pakta integritas di lingkungan Polda Papua.

Penandatanganan pakta integritas Sespimmen direg ke 60, Sespimma angkatan 63 dan 64, dan SIP angkatan 49 TA 2020 diawali dengan pengambilan sumpah yang berlangsung di Aula Rastra Samara Mapolda Papua di Jayapura.

Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw mengatakan, prosesi pakta integritas khususnya dalam seleksi Sespimmen dan Sespimma, sip ini merupakan hal yang selalu dilaksanakan Polri dengan tujuan agar proses rekrutmen dapat dilaksanakan dengan prinsip “betah” yaitu bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Sebagaimana diketahui Presiden telah mencanangkan gerakan revolusi mental bagi bangsa Indonesia dan Polri memiliki peran yang sangat vital yaitu sebagai pelopor revolusi mental serta penggerak tertib sosial di ruang publik.

"Karena itulah kita dituntut untuk melakukan perubahan secara revolusioner di segala bidang yang dimulai dari proses seleksi atau penerimaan calon personel yang mampu menjadi pelopor revolusi mental, terlebih seleksi atau penerimaan tersebut adalah seleksi atau penerimaan calon perwira yang nantinya akan menjadi sosok pemimpin yang akan menentukan keberhasilan tugas Polri," kata dia.
.
Tujuan pakta integritas adalah menjamin pelaksanaan seleksi yang bersih dan transparan sehingga bisa diperoleh perwira, dan pimpinan menengah Polri yang mumpuni, memiliki kompetensi yang bukan hanya mahir dalam menjalankan tugas pokoknya saja tetapi juga memiliki kemampuan manajemen organisasi yang baik , jelas Waterpauw.

Mantan Kapolda Sumut itu mengatakan, untuk membangun semangat prinsip “betah” sebagaimana yang diuraikan di atas maka melalui penandatanganan pakta integritas terkait dengan seleksi dikbangum kali ini.

Pakta integritas dibuat dengan maksud agar seluruh panitia dan peserta memiliki suatu pegangan untuk tidak melakukan penyimpangan dalam proses penerimaan serta memberikan ruang seluas-luasnya bagi semua pihak untuk mengkritisi polri dalam setiap proses, jelas Irjen Pol Waterpauw.

Pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas dihadiri seluruh pejabat di lingkungan Polda Papua.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024