Jayapura (ANTARA) - Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Ny Ayudia Victor Mackbon, para pejabat utama Polres merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 bersama insan pers Kota dan Kabupaten Jayapura.

Perayaan HPN 2020 yang dikemas dalam Coffe Morning itu ditandai dengan pemotongan dan penyerahan nasi tumpeng dari Kapolres Jayapura kepada perwakilan Insan Pers Kabupaten Jayapura Aman Hasibuan.

Kegiatan itu digelar di ruangan Command Centre Gedung Terpadu Mapolres Jayapura di Doyo, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin.

"Pada kesempatan ini kami dari Polres Jayapura mengadakan coffee morning karena pada 9 Februari 2020, rekan-rekan pers telah merayakan HPN dan kami juga ingin ikut merayakan hari bahagia tersebut pada hari ini," kata AKBP Victor Dean Mackbon.

"Kami dari Kepolisian mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan media yang sudah mengawal kegiatan di Polres Jayapura melalui media masing-masing yang menjadikan kekuatan maupun masukan, sangat bersyukur sekitar dua tahun saya berada disini kita memiliki hubungan yang baik, dimana didalam cek dan balance sudah sangat profesional," katanya lagi.

Mantan Kapolres Mimika itu berharap hubungan yang telah terbina dengan baik tetap terjaga guna mengawal kamtimbas di Bumi Kenambai Umbay sebutan lain untuk Kabupaten Jayapura.

"Polri dan media tidak bisa terpisahkan. Manajemen media sudah kita bangun melalui Sub Bag Humas Polres Jayapura bersama rekan media, bagaimana kita menjaga hubungan dengan dinamika yang ada. Kepolisian terus mengembangkan media dengan rekrutmen personel yang mampu mengelola media maupun informasi, tapi bukan menjadi tandingan dari rekan media, kami tidak bersaing akan tetapi kami bermitra," katanya.

Pada momentum itu, AKBP Victor mengemukakan, beberapa waktu kedepan di Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya akan melaksanakan PON XX, sehingga diperlukan sinergitas semua pihak dengan harapan dapat menjaga kamtibmas dan mensukseskan agenda nasional tersebut.

Peran media dapat membawa nilai positif maupun negatif, menurut AKBP Victor, ia minta kalangan media dapat mengatur irama agar tidak menggiring opini yang kurang baik di Papua tanpa menghilangkan nilai-nilai kebenaran pada informasi maupun berita itu sendiri.

"Saya selaku Kapolres Jayapura beserta anggota yang hadir mengucapkan selamat hari Pers Nasional pada tahun 2020 semoga semakin bijak, semakin profesional," kata AKBP Victor Dean Mackbon.

Sementara itu, Aman Hasibuan mewakili insan pers Kota dan Kabupaten Jayapura menyampaikan terima kasih kepada Polres Jayapura yang telah membuat acara HPN.

"Saya katakan sangat luar biasa Polres Jayapura. Karena setahu saya baru Polres Jayapura, instansi Polri yang membuat peringatan HPN di Papua," katanya.

Selama ini hubungan kerja sama wartawan bersama Polres Jayapura, lanjut Aman Hasibuan, sudah sangat baik dan  kedepan hubungan ini terus ditingkatkan lagi.

"Dengan momentum HPN tahun ini kami minta agar rekan-rekan kepada sesama rekan media lebih bijak lagi, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Polres Jayapura yang telah memberikan surprise kepada kami insan pers," katanya.


 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024