Jayapura (ANTARA) - Satuan Lantas Polres Biak Numfor melaksanakan kegiatan pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor yang dibarengi dengan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) dengan pembatasan jam aktivitas masyarakat di Jalan Pramuka (depan Mapolsek Biak Kota).

Kasat Lantas Polres Biak Numfor Iptu Lamasi SIP, menjelaskan bahwa tertib berlalu-lintas juga harus menjadi perhatian, walaupun saat ini semua tengah diperhadapkan tanggap darurat pandemi COVID-19.

Untuk itu jajaran Satlantas Polres Biak, lanjut Iptu lamasi, selalu siap untuk terus mengingatkan masyarakat Biak Numfor akan pentingnya tertib berlalu-lintas demi keamanan bersama dalam berkendara.

"Selain melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan, anggota juga memberikan himbauan tertib berlalu lintas, serta sosialisasi penggunaan masker, kami juga menyampaikan himbauan pemerintah terkait pembatasan jam aktifitas di luar rumah hingga jam 17.00 WIT untuk mempersempit adanya kerumunan massa mengantisipasi penyebaran COVID-19,"ungkap Kasatlantas Iptu Lamasi dalam keterangan tertulis melalui Subag Humas Polres kepada ANTARA..

Iptu Lamasi menegaskan, kegiatan ini dilakukan agar masyarakat tetap mengutamakan keselamatan dalam berkendara dengan menggunakan helm serta tertib berlalu lintas dengan memiliki kelengkapan surat kendaraan, selain itu masyarakat diharuskan mematuhi himbauan pemerintah sebagai upaya pencegahan COVID-19.

"Dari pemeriksaan tadi masih saja ada pengendara yang tidak patuh seperti tidak memggunakan helm dan tidak menggunakan masker saat di luar rumah, jadi kami langsung berikan teguran dan himbauan ditempat, kita juga berikan masker untuk langsung digunakan,"ujar Iptu Lamasi.

Kasat Lantas menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan, apa puan situasinya harus tetap utamakan keselamatan dalam berkendara, siapakan kelengkapan kendaraan dan gunakan helm, rajin mencuci tangan, gunakan masker jika diluar rumah dan tidak usah keluar rumah jika tidak terlalu penting.

"Terapkan social distancing, jaga diri anda, mari kita tertib berlalu-lintas, kita jaga keselamatan diri dan orang lain, selalu gunakan helm dan masker jika berkendara, saya rasa ini penting untuk dilakukan, dengan hal sederhana seperti ini kita bisa saling menyelamatkan satu sama lain,"imbuh Kasat Lantas Iptu Lamasi.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024