Timika (ANTARA) - Ketua Umum Bhayangkari Republik Indonesia Ny Fitri Idham Aziz, SKM menyumbang sembilan karton alat pelindung diri (APD) untuk digunakan oleh para petugas kesehatan di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, dalam rangka menangani pasien terpapar COVID-19.

Bantuan APD dari Ketua Umum Bhayangkari itu diserahkan oleh Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata kepada Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra bertempat di Kantor Pelayanan Polres Mimika di Timika, Jumat.

Kapolres Mimika mengatakan bantuan APD tersebut dikirim langsung dari Jakarta ke Polres Mimika melalui jasa pengiriman barang.

"APD bantuan dari Ibu Ketua Umum Bhayangkari yang dikirim ke Mimika untuk membantu pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 terdiri atas sepatu boot, kacamata, masker dan pakaian hazmat. Kami mewakili beliau menyerahkannya kepada Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika untuk dapat dipergunakan dalam membantu para petugas medis menangani para pasien COVID-19 sekaligus melindungi mereka agar tidak ikut terpapar wabah pandemi virus corona ini," kata AKBP Era Adhinata.

Penyerahan APD sumbangan Ketua Umum Bhayangkari tersebut juga disaksikan oleh Kabag Perencanaan Polres Mimika Kompol Arifin serta sejumlah staf Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.

Plt Kepala Dinas Mimika Reynold Ubra yang juga merupakan Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Ketua Umum Bhayangkari dalam upaya mengendalikan wabah pandemi COVID-19 di Mimika.

"Kami akan gunakan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan ini untuk menunjang pelayanan kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di Mimika. Sarana dan prasarana yang ada ini akan kami sebar ke para tenaga medis di Kabupaten Mimika seperti di RSUD Mimika, RSMM, Klinik-klinik dan juga Wisma Atlet yang merupakan shelter tempat isolasi atau karantina pasien COVID-19 dan juga beberapa PDP dan OTG," ujar Reynold.

Hingga 22 Mei 2020 malam ini, jumlah kasus positif COVID-19 di Mimika terus bertambah menjadi 183 orang.

Dari jumlah itu, kasus COVID-19 di Mimika saat ini sebanyak 113 orang yang menjalani perawatan dan isolasi pada sejumlah rumah sakit, yaitu RSUD Mimika selaku rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, RS Tembagapura, Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) serta Shelter Wisma Atlet Timika.

Hingga saat ini, jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di Mimika juga terus meningkat menjadi 66 orang, dimana pada Jumat ini terdapat penambahan sebanyak 17 pasien sembuh.

Adapun pasien meninggal dunia akibat COVID-19 di Mimika sebanyak empat orang, dimana satu pasien baru meninggal dunia pada Rabu (20/5) malam di RS Tembagapura.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024