Sentani, Jayapura (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menggelar tes cepat COVID-19 bagi para pedagang di Pasar Phara Sentani.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan  COVID-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie di Sentani, Jumat, mengemukakan tes cepat bagi para pedagang di pasar itu mulai dilakukan pada Kamis (16/7).

"Pada Kamis (16/7) itu, pihaknya melakukan tes cepat COVID-19 terhadap pedagang Pasar Praha Sentani. Hari itu, sebanyak 219 orang yang mengikuti tes cepat corona," katanya.

Dia mengatakan dari 219 pedagang yang mengikuti tes cepat COVID-19 itu, ada 26 orang di antaranya yang dinyatakan reaktif. Mereka yang reaktif itu akan dilakukan tes usap.

"Selanjutnya yang reaktif setelah tes cepat COVID-29, akan dilakukan pengambilan 'swab' (usap) tenggorokan untuk pemeriksaan PCR," ujarnya.

Dia menjelaskan tes cepat COVID-19 masih akan dilakukan di Pasar Phara Sentani selama dua hari ke depan, lantaran pedagang di pasar itu belum semua terdata.

"Masih di data pedagang yang belum, bagi yang belum akan dilakukan tes cepat COVID-19, bersama kepala pasar sampai seluruh pedagang telah diperiksa," katanya.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura mencatat hingga kini pasien corona di daerah itu bertambah menjadi 228 orang.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024