Jayapura (ANTARA) - Aparat Polresta Jayapura Kota melalui personel membagikan ratusan bendera Merah Putih kepada warga pegunungan di Entrop, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, guna menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas di Kota Jayapura, Selasa mengatakan pembagian bendera itu dilaksanakan oleh
Bhabinkamtibmas bersama Babinsa yang melakukan sambang sekaligus membagikan Bendera Merah Putih Kepada warga pegunungan yang ada di Entrop.

"Kegiatan itu dipimpin oleh Panitiops Binmas Polsek Jayapura Selatan Ipda Sabtuwadji didampingi Bhabinkamtibmas Aipda Singgih dan Babinsa Serda Djuri Sinaga," katanya.

Setelah memberikan bendera Merah Putih, kata dia, personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama warga pegunungan bersama-sama memasang didepan rumah dan lingkungan sekitar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI

"Kami himbau kepada masyarakat agar mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah maupun dilingkungan sekitar sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI dan memupuk jiwa nasionalisme," kata AKBP Gustav

Senada itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura Iptu Enis Romony mengaku telah membagikan ratusan bendera Merah Putih kepada warga di kompleks Argapura Pantai, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura guna memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

"Pembagian ratusan bendera Merah Putih ini dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura Ipda Marthen Saraba bersama Bhabinkamtibmas Argapura Aipda Arman," katanya.

Menurut dia, pembagian ataupun bantuan bendera Merah Putih itu merupakan implementasi dari salah satu program prioritas Kapolri nomor VIII tentang membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

"Ada sebanyak 100 bendara Merah Putih yang dibagikan kepada warga di Argapura Pantai dari RT 01,02,03 dan 04 /RW 03 dan kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat bahkan sejumlah masyarakat langsung memasang bendera tersebut dan ini bukti warga antusias dalam menyemarakkan hari Kemerdekaan RI Ke-75," katanya.

"Kami menghadirikan negara di tengah-tengah masyarakat agar mereka merasa aman dengan kehadiran Polri dalam kehidupan sehari-hari. Anggota di lapangan juga menghimbau warga Argapura Pantai agar mulai memasang bendera Merah Putih di halaman rumah masing-masing sebagai bentuk semangat dalam memperingati hari Kemerdekaan RI di tengah pandemi COVID-19 dan menyongsong adaptasi kebiasaan baru dan tetap memperhatikan serta mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan," lanjutnya.

Tidak hanya itu, kata dia, seluruh lapisan masyarakat juga diminta berdiri dengan sikap sempurna selama kurang lebih 3 menit saat detik-detik proklamasi 17 Agustus 2020 berlangsung yakni pada pukul 12.17 Wit dimanapun saat itu berada, tinggalkan sejenak apapun aktifitas, bukti penghargaan atas segala perjuangan para pahlawan Kemerdekaan RI.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024