Kasonaweja, Mamberamo Raya (ANTARA) - Sebanyak empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya akan menjalani tes kesehatan di RSUD Dok II Jayapura, Kota Jayapura, Papua, sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

"Keempat pasangan calon itu adalah Kristian Wanimbo-Yonas Tasti (Wan-Tas), Jhon Tabo-Eveert Mudumi (JTEM), Roby Rumansara-Lukas Jance Puny, dan Dorinus Dasinapa-Andi Maay," kata komisoner KPU Papua yang juga merangkap sebagai komisoner KPU Mamberamo Raya Melkianus Kambu di Kasonaweja, Selasa.

Menurut dia, tes kesehatan di Kabupaten Mamberamo Raya tidak bisa dilakukan, karena RSUD Kawera belum memenuhi syarat sebagai salah satu rumah sakit untuk mendukung pelaksanaan pentahapan Pilkada Serentak 2020.

"Sehingga para calon diarahkan ke RSUD Dok II Jayapura yang sesuai dengan standard atau aturan, yakni rumah sakit tipe B plus atau tipe A, dan itu hanya ada di Kota Jayapura, begitu juga calon lainnya di 10 kabupaten yang menggelar pilkada periksanya di RSUD Dok II Jayapura yang telah bekerjasama dengan KPU Papua," katanya.

Selain itu, katanya, para pasangan calon akan ikuti tes Narkoba di BNN Provinsi Papua dan psikologi yang bekerjasama dengan Ikatan Psikolog Indonesia (IPSI) Papua.

"Tes kesehatan ini nantinya include (termasuk) dengan 'test swap' (COVID-19). Peserta juga harus jalani tes narkoba dan psikologi, sehingga kami arahkan untuk ke Jayapura laksanakan tes tersebut," katanya.

Untuk tes kesehatan tersebut, kata Melkianus, para pasangan calon tidak dibebankan biaya karena KPU sudah menanggungnya, kecuali untuk penerbangan dan penginapan hal itu merupakan tanggung jawab pasangan calon.

"Jadi, saat kami menyatakan menerima berkas para calon pada pendaftaran 5-6 September 2020, kami sudah menjelaskan kepada mereka soal tes kesehatan tersebut yang harus dilakukan di Jayapura, dan mereka memahaminya," katanya.

KPU Mamberamo Raya menerima dan menetapkan empat pasangan calon yang datang mendaftar pada 4-6 September 2020, yakni pasangan Kristian Wanimbo-Yonas Tasti (Wan-Tas), Jhon Tabo-Eveert Mudumi (JTEM), Roby Rumansara-Lukas Jance Puny (ROYAN), dan Dorinus Dasinapa-Andi Maay (DOA).

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024