Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Waropen, Papua, berencana membangun bendungan Sentra Penampungan Air Minum (SPAM) guna meningkatkan ketersediaan air bersih di wilayah setempat.

Pejabat Sementara Bupati Waropen Muhammad Musaad di Jayapura, Sabtu, mengatakan rencana pembangunan bendungan SPAM  sedang dalam pengerjaan yang dilakukan oleh Pemerintah pusat.

"Kami berharap jika pembangunan bendungan ini selesai akan membantu ketersediaan air bersih di Kabupaten Waropen," katanya.

Menurut Musaad, infrastruktur dasar seperti air bersih dan tenaga listrik merupakan hal-hal yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

"Dan itu menjadi kewajiban pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan pemenuhan kebutuhan dasar yang berimbang ini harus dilakukan di mana meskipun infrastruktur jalan sudah dibangun dengan baik, namun air dan listrik pun juga harus ada.

"Sehingga dalam kunjungan kali ini kami yakni pemerintah kabupaten dan DPRD sudah bersepakat untuk membangun hal-hal yang dibutuhkan oleh masyarakat," katanya lagi.

Dia menambahkan melalui "Quick Wins" atau program percepatan ini akan menjadi suatu langkah inisiatif yang mudah dan cepat dicapai untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Waropen.


Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024