Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya membuka gerai pelayanan surat izin mengemudi (SIM) ke-5 di mal atau pusat perbelanjaan di kota Surabaya, Sabtu.

“Gerai ke-5 di mal bertempat di Golden City Mall Jalan Abdul Wahab Siamin,” ujar Wakil Kepala Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hartoyo di sela pembukaan gerai.

Total ada lima gerai pelayanan SIM di mal, yakni di Tunjungan Plaza, BG Junctio, Mal Pelayanan Publik Siola, Praxiss Mall dan Golden City Mall.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM juga disediakan di pelayanan mobil SIM keliling, termasuk di tempat utama yang berada di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Colombo di kawasan Tanjung Perak.

Gerai pelayanan SIM di Golden City Mall merupakan yang pertama di kawasan Surabaya Barat sehingga diharapkan dapat dimaksimalkan layanannya oleh warga setempat.

Menurut AKBP Hartoyo, diharapkan dengan adanya penambahan gerai pelayanan SIM baru di wilayah Kota Surabaya bisa mengurai antrean pemohon SIM setiap harinya.

"Kami menargetkan antreannya hanya sekitar 300 orang pemohon SIM di tiap tempat pelayanan per hari," kata mantan Kapolres Sumedang tersebut.

Sementara itu, tercatat jumlah pemohon SIM di Satpas Colombo maupun tiap gerai pelayanan yang telah dibuka di wilayah Kota Surabaya selama ini, per hari mencapai seribu orang lebih.

“90 persennya adalah pemohon perpanjangan SIM,” kata Hartoyo.

Ia memastikan setiap warga Indonesia dari daerah bisa mengajukan permohonan di gerai pelayanan SIM yang ada di wilayah Kota Surabaya karena pengurusannya sudah daring.

 


Pewarta : Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024