Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima penghargaan penyaluran tercepat Dana Desa Tahun Anggaran 2021 se-Provinsi Maluku dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku.

Penghargaan diserahkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku, Noor Faisal Achmad kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Senin.

Dikatakannya, Tanggal 9 Februari 2021 pemerintah pusat melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ambon telah menyalurkan Dana Desa tahap I TA 2021 sebesar Rp1,27 miliar untuk lima desa di Kota Ambon, yaitu Ema, Galala, Hative Kecil, Hunuth dan Desa Poka.

Tanggal 10 Februari 2021, juga telah disalurkan BLT Dana Desa sebesar Rp216,9 juta untuk kelima desa tersebut.

"Penyaluran Dana Desa tersebut menjadi yang tercepat di Provinsi Maluku Tahun 2021," katanya.

Penyaluran Dana Desa tahap satu merupakan awal dari serangkaian proses panjang dari penyaluran Dana Desa Tahun 2021.

Pemkota Ambon, katanya, telah melakukan awal yang baik dan ini perlu dilanjutkan pada penyaluran Dana Desa tahap satu untuk desa-desa lainnya, serta penyaluran Dana Desa untuk tahap-tahap berikutnya.

"Desa yang telah menerima Dana Desa, diharapkan dapat segera merealisasikan penggunaan dana desa dan BLT dana desa yang telah diterima, sehingga masyarakat dapat segera menikmati hasil Dana Desa, dan BLT Dana Desa tahap selanjutnya dapat segera disalurkan," katanya.

Pihaknya juga berharap pemberian penghargaan ini dapat mendorong pemerintah kabupaten atau kota lain untuk segera melakukan langkah percepatan dalam penyaluran Dana Desa, sehingga Dana Desa tahap satu Tahun Anggaran 2021 segera disalurkan.

"Dengan percepatan penyaluran Dana Desa diharapkan manfaat Dana Desa dapat dirasakan oleh masyarakat dan nantinya memberikan multiplier effect bagi pemulihan ekonomi Maluku," ujar Kakanwil..

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menambahkan, empat tahun lalu kota yang dipimpinnya tidak mampu menyerap Dana Desa dengan baik secara nasional, tetapi dengan kerja keras aparatur pemkot mampu menunjukkan kinerja yang luar biasa di Tahun 2021.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas pendampingan dari Kakanwil dan jajaran yang telah membantu proses penyaluran Dana Desa.

Penghargaan yang diterima, kata Richard, hanya bonus dan bukan tujuan. intinya, jika bekerja dengan maskimal, maka hasilnya juga akan positif.

"Kerja keras dan tanggung jawab bonusnya promosi dan apresiasi, karena itu jangan santai dalam bekerja, tetapi tunjukkan kinerja dan prestasi," ujarnya.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024