Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua segera untuk menggelar prosesi pelantikan pasangan kepala daerah terpilih dua kabupaten pada pemilihan kepala daerah serentak 2020 di antaranya Keerom dan Kabupaten Merauke.

Bupati Kabupaten Keerom terpilih Piter Gusbager dan Wakil Bupati Wahfir Kosasih serta Bupati terpilih Kabupaten Merauke Romanus Mbaraka dan Wakil Bupati Riduwan setelah kedua paslon itu berhasil memperoleh suara terbanyak di ajang  pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2020.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Doren Wakerkwa melalui sambungan telepon selularnya di Jayapura, Rabu, mengatakan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Keeron dan Kabupaten Merauke akan dilaksanakan pada Jumat 26 Februari 2020  di Gedung Negara Jayapura.

"Pelantikannya akan dilaksanakan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi daerah masing-masing serta prosedur yang berlaku," katanya.

Menurut Doren, kedua pasangan bupati dan wakil bupati terpilih ini sesuai prosedur akan dilantik oleh Gubernur Papua yang diwakili Wakil Gubernur Papua.

"Pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati dari Keerom serta Merauke ini dapat diikuti oleh masyarakat melalui siaran langsung," ujarnya.

Dia menjelaskan aktivitas pelantikan tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, di mana semua tamu undangan pastinya dibatasi. 

"Jadi khusus bagi masyarakat hanya bisa menyaksikan di daerahnya masing-masing, sementara anggota DPRD, pejabat pemerintah seperti asisten, sekda dapat hadir dalam kegiatan tersebut," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk pelantikan bupati dan wakil bupati baik dari Keerom dan Merauke, memang telah melakukan pengusulan terlebih dahulu untuk pelaksanaan pelantikannya berdasarkan surat dari Dirjen Otda.

"Berdasarkan surat dari Dirjen Otda tersebut yang didahulukan proses keputusan pelantikan pasangan kepala daerah dari Merauke dan Keerom, sementara untuk kabupaten lainnya hingga kini belum ada petunjuk," ujarnya lagi.

 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024