Jayapura (ANTARA) - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano berharap menjelang bulan Ramadhan 1442 H, para pedagang tidak menaikkan harga kebutuhan bahan pangan rumah tangga.

Pemkot Jayapura Melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) akan melakukan pengecekan dan pemantauan di lapangan sehingga masyarakat diminta tidak perlu risau dengan kebutuhan bahan pokok.

"Kami akan melakukan monitoring guna memastikan ketersediaan bahan pangan dan harga menjelang bualn puasa Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri tetap stabil, " kata BTM kepada Antara di Jayapura, Senin. 

Wali Kota BTM berharap para pedagang tidak berspekulasi dengan menimbun atau menyimpan jenis kebutuhan bahan pokok tertentu karena akan selalu dimonitor pemerintah. 

"Masyarakat khususnya umat Islam yang hendak melaksanakan ibadah bulan puasa Ramadhan 1442 H tidak perlu khawatir karena persediaan bahan pangan tersedia,"kata Wali Kota Jayapura BTM. 

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat Mohamad Alexander sebelumnya mengatakan, stok beras yang ada di gudang Bulog kali ini mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada tahun sebelumnya, kami menyiapkan 23 ribu ton dan tahun ini 30 ribu ton,"katanya seraya menambahkan, beras-beras tersebut tersebar di 10 wilayah kantor cabang dan pembantu di wilayahnya.

"Persediaan beras di gudang Bulog kini masih aman hingga lima bulan ke depan,"ungkap Alexander.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024