Jayapura (ANTARA) - Kalangan umat Islam yang bermukim di Kota Jayapura sekitarnya melakukan ziarah kubur di tempat pemakaman Islam Abepantai Distrik Abepura dalam rangka menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H untuk mendoakan arwah leluhur keluarga.

Salah seorang warga Dewi ditemui di tempat pemakaman Islam  Abepantai kepada Antara, Senin mengakui, ziarah kubur sudah menjadi tradisi tahunan keluarganya setiap menyambut bulan puasa Ramadhan. 

"Sebelum menjalani ibadah puasa sudah menjadi tradisi berziarah ke makam keluarga, "aku Dewi yang mengaku tinggal di Kotaraja. 

Hal senada diungkapkan Iqbal, warga APO Kota Jayapura yang mengaku,  berziarah ke kuburan pamannya yang dimakamkan di pemakaman Islam Abepantai Kota Jayapura. 

Beberapa warga yang menjual bunga tabur mengaku, umat Islam yang mendatangi TPI Abe Pantai cukup banyak sehingga bunga potong yang disiapkan warga terjual habis. 

"Lumayan hasil menjual bunga yang dijual Rp 10.000/ kantong bisa untuk menambah beli sayur mayur, "aku Martha yang berjualan sejak Jumat (9/4). 

Selain penjual bunga nampak anak- anak dengan bermodal pacul, sapu lidi dan sabit menawarkan jasanya untuk membersihkan areal makam yang dikunjungi penziarah. 

"Saya sehari mendapat sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 dari penziarah,"aku Nelson yang mengaku akan menawarkan lagi jasanya menjelang lebaran Idul Fitri.

Tempat Pemakaman Islam Abepantai terletak di wilayah Distrik Abepura, merupakan salah satu lokasi kuburan Islam yang ada di Jayapura setiap menyambut bulan puasa Ramadhan ramai dikunjungi penziarah yang datang dari berbagai wilayah di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024