Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di wilayahnya agar intens mempublikasikan hasil kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada websitenya masing-masing.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura, Selasa, mengatakan pentingnya hal tersebut agar masyarakat mengetahui dan bisa menilai hasil kerja pemprov Papua.

 "Apalagi transparansi merupakan salah satu syarat dari "Good Governance". Banyak informasi yang belum terbuka, jadi ketika ada isu miring atau tidak berimbang dapat menimbulkan penilaian yang salah terhadap Papua sehingga hal ini yang kami akan perbaiki ke depan secara berkala,"katanya.

Menurut Musaad, semua website milik Pemerintah Provinsi Papua harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk menginformasikan hasil kerja pemerintah disertai dengan data yang akurat. 

“Saya juga berharap OPD bisa berkolaborasi dengan pihak lainnya termasuk wartawan untuk menyebarluaskan informasi hasil kerja pemerintah kepada masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan begitu, masyarakat di luar Papua pun bisa mengetahui apa saja yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Papua selama ini dan perkembangan Papua dari masa ke masa.

“Rakyat Indonesia juga harus tahu apa yang sudah dilakukan Pemerintah Papua dan perkembangan Papua dan bisa membandingkan Papua pada masa sebelumnya dan masa kini," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Jery Yudianto mengatakan tujuan digelarnya kegiatan sosialisasi ini guna memaksimalkan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing OPD. 

“PPID ini juga berperan sebagai humas di OPD masing-masing, serta sebagai produsen data dan wali data, sehingga data-data di OPD ini bisa diekspose agar informasi itu tepat serta cepat disampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan kegiatan tersebut tak hanya melibatkan PPID di masing-masing OPD tetapi juga para jurnalis dan influencer yang ada di Kota Jayapura. 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024