Jayapura (ANTARA) - Manajemen PT PLN mengajak mahasiswa di Provinsi Papua untuk berpartisipasi dalam kompetensi inovasi kelistrikan yang diselenggarakan hingga 24 Mei 2021.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Abdul Farid di Jayapura, Jumat, mengatakan selain berkomitmen untuk menyediakan listrik bagi masyarakat pihaknya juga ingin punya andil menghasilkan terobosan baru di bidang teknologi kelistrikan.

"Adanya peran serta para mahasiswa khususnya putra putri daerah, kami berharap hal tersebut dapat terwujud di Papua dan Papua Barat," katanya.

Menurut Farid, kompetisi ini akan menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan inovasi masyarakat khususnya mahasiswa. 

"Teknologi yang tercipta, nantinya akan membuat listrik yang kini telah menjadi gaya hidup di lingkungan perkotaan menjadi sesuatu hal yang juga bisa dinikmati di daerah-daerah terpencil," ujarnya.

Sebelumnya, pendaftaran kompetisi inovasi kelistrikan yang diselenggarakan oleh PLN masih dibuka hingga 24 Mei 2021 dengan total hadiah mencapai Rp1 miliar untuk juara dan pendanaan prototipe.

Kegiatan ini merupakan upaya PLN dalam mendorong pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari (Electrifying Lifestyle).

Bertajuk PLN ICE 2021 (Innovation and Competition in Electricity), terdapat dua kategori yang dikompetisikan, yaitu Kendaraan Listrik dan Non Kendaraan Listrik.

Untuk kategori kendaraan listrik terdapat empat sub kategori yaitu sub kategori mobil listrik, sub kategori motor listrik, sub kategori sepeda listrik dan sub kategori kendaraan listrik roda tiga.

Sementara untuk kategori Non Kendaraan Listrik terdapat dua sub kategori yaitu sub kategori peralatan listrik dan sub kategori program bisnis. 

“Seperti yang diketahui kini gaya hidup masyarakat mulai beralih dengan menggunakan peralatan elektrik atau elektronik. Melalui PLN ICE, kami mendorong inovasi anak bangsa untuk menghadirkan teknologi-teknologi di sektor kelistrikan yang dapat digunakan untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi. 

Dia menjelaskan PLN ICE merupakan program tahunan PLN, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Listrik Nasional dan dapat diikuti oleh mahasiswa aktif (D3 hingga S2) serta masyarakat umum. Dalam kegiatan ini peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran.

“Menuju 76 Tahun PLN menerangi nusantara, kami secara terbuka mengajak kepada para mahasiswa dan masyarakat umum untuk dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024