Jayapura (ANTARA) - Putra anak adat Sentani Papua Letkol (Mar) Karlos R Deda mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Lanal Biak setelah melakukan serah terima jabatan dengan pejabat lama Kolonel Laut (P) Dominggus S Misalayuk SE dipimpin Danlantamal X Jayapura Kolonel (Mar) Feryanto P Marpaung, Senin.

Siaran Dinas Penerangan Lantamal X Jayapura diterima ANTARA, Senin menyebutkan, mutasi jabatan Danlanal Biak juga dilakukan  bersamaan dengan jabatan Aspers Danlantamal X, dan Aspotmar Danlantamal X yang bertempat di Aula Samudera Loka.

Komandan Lanal Biak Letkol Marinir Karlos R. Deda, yang merupakan anak adat asli dari Sentani, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Denma Lantamal XI Merauke.

Sementara pejabat lama Kolonel Laut (P) Dominggus S Misilayuk akan menempati jabatan baru sebagai Aspotmar Danlantamal VI Makassar.

Serta jabatan Aspers Danlantamal X yang semula dijabat oleh Kolonel laut (KH) Suryanto Hadiwidodo yang akan menjabat di Kodiklatal diserah terimakan kepada Letkol Laut (KH) Drs. Ganda P. Siregar yang mana sebelumnya menjabat sebagai Paban Ren Srena Lantamal X Jayapura.

Sedangkan jabatan Aspotmar Danlantamal X yang semula dijabat Kolonel Laut (KH) Djoko Imam Pambudi yang akan menjabat di Koarmada diserah terimakan kepada Letkol Laut (KH) Suharsono SH yang sebelumnya menjabat di Spotmar Mabesal.

Komandan Lantamal X Kolonel Marinir Feryanto P. Marpaung, mengatakan  rotasi jabatan di lingkungan TNI AL merupakan proses alami yang sering terjadi.

"Bukan saja diarahkan untuk untuk regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan, namun lebih dari itu diharapkan agar organisasi dapat berjalan lebih dinamis dalam menjawab tantangan tugas kedepan sehingga dapat membawa semangat baru di lingkungan Lantamal X,"ungkap Danlantamal X Jayapura.

Dikatakan, dalam kaitan inilah penampilan dan kinerja Pangkalan TNI AL merupakan faktor yang sangat membantu dalam persepsi dan penilaian masyarakat tentang TNI AL.

Apalagi disaat pandemi COVID-19 hingga saat ini belum berakhir, menurut Danlantamal X Jayapura untuk itu Lantamal X yang merupakan ujung tombak dan lini terdepan dari struktur TNI AL yang langsung sebagai pertahanan negara diwilayahnya serta menegakkan hukum dilaut.

Ditegaskan Danlantamal, setiap Komandan pangkalan hendaknya dapat memberi kontribusi nyata bagi pengembangan pembangunan daerah setempat khususnya pada aspek kemaritiman atau sektor kelautan

"Hal ini sesuai dengan arah kebijakan pemerintah untuk menggali dan mengoptimalkan potensi bidang kemaritiman yang merupakan salah satu andalan pembangunan nasional,"ungkap Danlantamal.

Pada kesempatan ini juga, Danlantamal berpesan kepada seluruh prajurit Lantamal X dan jajaran beserta keluarga untuk tetap melaksanakan proses 3M walaupun saudara telah divaksin.

"Bagi saudara yang belum divaksinpun segera lakukan vaksinasi sehingga kita dapat menghambat peningkatan penularan COVID-19 dengan program pemerintah satu juta vaksin perhari,"tegas Danlantamal.

Tampak hadir pada acara tersebut Wakil Komandan Lantamal X, Para Asisten Danlantamal X, Para Kadis/ Kasatker Lantamal X.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024