Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 184.962 orang di Papua divaksin di seluruh fasilitas kesehatan yang dimiliki satuan TNI di jajaran Kodam XVII Cenderawasih yang membawahi Korem 172/PWY, Korem 173/PVB dan Korem 174/ATW.
 
Kapendam XVII Cenderawasih Kol Arm Reza Nur Patria kepada Antara, Rabu mengatakan program serbuan vaksin yang dilaksanakan sejak tanggal 26 Juni hingga 19 Juli sudah memvaksin 184.962 orang.
 
Jumlah masyarakat Papua yang divaksin setiap harinya di faskes satuan TNI fluktuatif, dimana terkecil terjadi terjadi pada Minggu (11/7) tercatat 2.282 orang dan terbanyak pada Rabu (7/7) sebanyak 14.054 orang .
 
Jumlah fasilitas kesehatan yang menjadi tempat bagi pelayanan vaksinasi sebanyak 30 lokasi, termasuk kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan Rabu (14/7) di halaman SMPN1 Jayapura dan SMAN 1 Sentani.
 
Vaksinasi massal yang dilaksanakan di kedua sekolah itu disaksikan Presiden Joko Widodo secara virtual, kata Kol Arm Reza.
 
Dia menjelaskan dalam melaksanakan serbuan vaksin pihaknya bekerja sama TNI AL, TNI AU dan Polri serta pemda setempat.
 
Adapun lokasi yang menjadi tempat vaksinasi, yaitu di jajaran Korem 172/PWY dilaksanakan di delapan tempat antara lain Asrama Bucen II Waena Kota Jayapura, Klinik Makodim 1702/JWY di Wamena, Puskesmas Armi di Kab Sarmi, Puskesmas Kasonaweja di Kabupaten Mamberamo Raya, Puskesmas Aplim, Puskesmas Dekai dan RSUD Dekai di Kabupaten Yahukimo, dan Puskesmas Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang.
 
Korem 173/PVB dilaksanakan di 13 tempat, antara lain: di Biak di Denkesyah, Rumkit AU Lanud Manuhua, Rumkit AL, Poliklinik Polres Biak, RSUD Biak dan KKP Biak.
 
Kemudia Puskesmas Supiori di Kabupaten Supiori, aula Dinkes Paniai di Kabupaten Enarotali, kantor Dinkes Deiyai di Kabupaten Deiyai, kata Reza seraya menambahkan di Nabire dilaksanakan di Polkes 17.09.01 Nabire, Polkes Yonif 753/AVT, Polkes 17.09.05 Serui di Kabupaten Serui dan RSUD Mulia di Kabupaten
Puncak Jaya.
 
Korem 174/ATW dilaksanakan di sembilan lokasi, yaitu aula Makodim 1707 Merauke, Lanud JA di Merauke, Rumkitban Timika, bandara lama Timika, Puskesmas Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel, balai kampung Akam di Kab Mappi, Tugu 0 KM Sota di Kabupaten Merauke, Koramil Asmat di Kabupaten Asmat, sport hall 68 dan Super Blog 72 Tembagapura di Kabupaten Mimika .
 
Kodam XVII/Cenderawasih juga akan mendampingi pelaksanaan vaksin bagi masyarakat dan karyawan PT SKIP di Distrik Lereh Kab. Jayapura dengan sasaran berjumlah 3.000 orang yang dilaksanakan dari Rabu (21/7) hingga Minggu (25/7), jelas Kol Arm Reza.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024