Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, menelusuri pemanfaatan Dana Desa (DD) karena penggunaanya belum terlihat maksimal.

Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi saat di Wamena,  Minggu mengatakan saat turun ke distrik (kecamatan) dan kampung (desa) berdiskusi dengan pejabat lokal untuk menanyakan pemanfaatan DD.

"Kami selalu membahas masalah ini dengan kepala distrik, kepala kampung meminta penegasan dan menelusuri kira-kira apa yang menyebabkan dana kampung tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan di kampung," katanya.

Marthin mengakui sejak presiden meluncurkan program Dana Desa itu pada Tahun 2015, pemanfaatannya belum terlihat maksimal di kampung-kampung.

"Sampai saat ini, dari 328 kampung belum ada yang menonjol dalam penggunaan Dana Desa untuk pembangunan di kampung. Semua masih di bawah standar atau apa yang diharapkan pemerintah," katanya.

Marthin mengharapkan masyarakat melaporkan kepala kampung yang terindikasi menyalagunakan DD agar diproses hukum. Laporan masyarakat dapat disampaikan kepada pihak kepolisian.

"Kalau ada kepala kampung yang nakal, silahkan laporkan supaya yang bersangkutan diproses untuk diberhentikan karena tindakannnya sangat merugikan masyarakat," katanya.


Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024