Jayapura (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) mengandeng kerjasama dengan Kodam XVII/Cenderawasih untuk membangun infrastruktur ruas jalan Banti- Aroanop di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Keterangan diterima ANTARA dari Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Senin, disebutkan, penandatanganan Perjanjian Kerjasama TNI AD dilakukan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR  diwakili Kepala Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wamena Ditjen Bina Marga Zepnat Kambu berlangsung di Makodam Jayapura,

Pangdam Mayjen Ignatius Yogo Triyono menaruh harapan pembangunan jalan yang akan dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak khususnya warga di Provinsi Papua.

"Dengan pembukaan jalur jalan Banti-Aroanop dilakukan personel TNI-Polri  akan mempermudah mengakses wilayah yang sulit dijangkau selama ini. Dari sisi ekonomi, jalur perdagangan antara Banti-Aroanop sampai Tembagapura Timika akan semakin lancar serta  aspek-aspek lainnya layanan kesehatan dan kesejahteraan pasti akan mengikuti,"harap Pangdam.

Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan, ia sudah bertemu dengan Bupati Kabupaten Mimika dan pemkab Mimika sangat mendukung dengan kegiatan ini karena akan membuka akses jalan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dijelaskan Pangdam, rencana kerjasama TNI AD dengan Kementerian PUPR tentang pembanguan jalan Banti-Aroanop  minggu lalu sudah dipaparkan kepada Kasad di Jakarta.

"Sekali lagi Kodam XVII/Cenderawasih dalam hal ini Korem 174/ATW akan mendukung dan mengamankan sebaik-baiknya pembangunan jalan tersebut karena itu menjadi pesan dari Bapak Kasad. Saya yakin dengan terbukanya jalan ini nantinya akan meningkatkan kesejahteraan khususnya bagi warga sekitar Tembagapura dan masyarakat Papua pada umumnya,"tegas Pangdam.

Pangdam XVII/Cenderawasih berharap semoga dalam pelaksanaan kegiatan akan dapat berjalan dengan lancar dalam meningkatkan pembangunan di Provinsi Papua.

"Selamat kepada kita semua dan apa yang hari ini kita lakukan adalah merupakan kesepakatan kita untuk sama-sama membangun Papua di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercinta ini,"tegas Jenderal bintang dua TNI AD itu.

Sementara itu, Kepala Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wamena Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Zepnat Kambu mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya penandatanganan kerjasama yang dilakukan antara Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dengan Kodam XVII/Cenderawasih.

"Saya percaya dengan adanya kerjasama ini akan memberikan manfaat bagi semua pihak khususnya Provinsi Papua. Kami sangat percaya dengan talenta dan kecerdasan, keuletan yang ada di pundak bapak-bapak maka pembangunan infrastruktur dasar di tanah Papua khususnya jalur Banti Aroanop Kabupaten Mimika dapat berjalan dengan lancar yang pada akhirnya akan memajukan bangsa dan negara kita,"ungkap Zepnat Kambu.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dihadiri juga Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Irdam Brigjen TNI Wachid Apriliyanto, Kapok Sahli Pangdam XVII Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko dan pejabat Kodam  serta pejabat kepala balai pelaksanaan jalan nasional Wamena, kepala Satker PJN wilayah VI Provinsi Papua (Timika) dan Pejabat Pembuat Komitmen PPK6.2 Satker PJN VI Timika.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024