Nabire (ANTARA) - Prajurit TNI Babinsa Kodim 1705/PN Serma Saiful Hadi bersama warga Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) membersihkan saluran irigasi untuk program ketahanan pangan di Kampung Wadio SP3, Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire, Papua.

Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Serma Saiful Hadi dalam keterangan diterima, Minggu, mengatakan, kegiatan membersihkan irigasi itu bertujuan air dapat mengalir dengan lancar menuju ke sawah sehingga tanaman warga bisa bertambah subur hingga dipanen sesuai harapan.

Diakuinya, musim hujan seperti sekarang ini banyak sampah menumpuk terbawa aliran air dan menyumbat di pintu air saluran irigasi.

"Maka dari itu selaku Babinsa harus rajin membersihkan bersama perkumpulan para petani agar air dapat mengalir ke sawah petani dan serta tidak menimbulkan efek dampak banjir,"ujarnya.

Disebutkan Serma Syaiful,  air memang sangat diperlukan para petani sehingga banyak petani yang menyampaikan permasalahan ketersediaan air terbatas.

"Khususnya untuk menyukseskan program swasembada pangan yang merupakan kebijakan dari pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita sehingga harus kita dukung bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya di wilayah Distrik Nabire Barat  Kabupaten Nabire," ungka Serma Saiful.

Sementara itu, petugas pembagi air irigasi Kusno Sukrisno sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Kampung Wadio SP3 yang selama ini telah rutin mendampingi kegiatan petani dan petugas P3A.

"Terima kasih untuk Babinsa karena selalu rajin memeriksa saluran-saluran air terutama selama musim hujan, jika tidak diperiksa saluran air yang tersumbat bisa mengakibatkan banjir dan air yang seharusnya bisa dialirkan ke lahan persawahan tidak terbuang percuma," kata  Kusno.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024