Jayapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua menyerahkan bantuan warga korban tanah gerak yang terjadi di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng). 

Penyerahan bantuan dilakukan Kepala BPBD Papua William Manderi kepada Kepala BPBD Mamteng Nixe Simon Kenelak di Jayapura, Kamis. 

Kepala BPBD Papua William Manderi seusai penyerahan bantuan kepada Antara mengaku, bantuan yang diberikan berupa bahan makanan, masker, paket sekolah dan tenda. 

Disebutkan Manderi, ada 15 item yang diserahkan dan diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban tanah gerak. 

Memang bencana alam berupa tanah gerak dilaporkan terjadi  beberapa bulan yang lalu yakni sekitar bulan Mei dan penduduk masih mengungsi ke kawasan yang dianggap aman. 

"Warga masih mengungsi dan karena takut kembali ke rumahnya, "aku Manderi. 

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Mamberamo Tengah Nixe Simon Kenelak mengaku sekitar 600-an warga dari lima kampung yang berada di Distrik Eragayam mengungsi ketempat lebih aman. 

Diakuinya, tercatat sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan  akibat tanah gerak seperti gereja, jalan raya, pasar dan jembatan. 

"Warga sudah diminta untuk tidak  kembali ke rumahnya lagi karena takut terjadi kembali tanah gerak yang mengakibatkan tanah terbelah hingga kedalaman sekitar satu meter,"kata Kenelak. 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024