Timika (ANTARA) - Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia hingga kini belum  menambah frekuensi penerbangan dari dan ke Timika untuk angkutan udara pada liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

General Manajer Garuda Indonesia Cabang Timika I Nyoman Teguh di Timika, Jumat, mengatakan saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan satu armada pesawat Boeing 737 seri 800 dengan kapasitas 150 penumpang kelas ekonomi dan 12 penumpang kelas bisnis untuk melayani rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura pergi pulang setiap hari, kecuali hari Minggu.

"Belum ada penambahan penerbangan dari dan ke Timika untuk rute Makassar, rute Jakarta maupun rute Jayapura. Jadwalnya masih tetap sama, setiap hari ada penerbangan, kecuali hari Minggu," kata Nyoman.

Menurut dia, saat ini tingkat isian kursi pesawat Garuda Indonesia dari Timika ke Makassar, Jakarta dan Jayapura baru berkisar 60-70 persen.

Lonjakan penumpang yang akan melakukan perjalanan liburan sekolah maupun liburan Natal dan Tahun Baru diperkirakan baru akan terjadi mulai 16 Desember hingga akhir tahun.

Sesuai kebijakan pemerintah, katanya, penumpang yang akan melakukan perjalanan hanya disyaratkan melakukan pemeriksaan cepat antigen negatif dengan masa waktu 1x24 jam, sudah dua kali vaksin. Sementara penumpang yang baru satu kali vaksin maka wajib pemeriksaan PCR negatif.

"Sekarang sudah tidak ada lagi jaga jarak dalam pesawat karena penumpang harus sudah divaksin dua kali dan antigen, kalau baru satu kali vaksin maka wajib PCR. Dalam kabin pesawat kami juga sudah dilengkapi dengan peralatan sirkulasi udara sehingga penumpang lebih aman," ujarnya.

Nyoman memastikan pesawat Garuda Indonesia akan terus melayani penerbangan ke Timika maupun Papua, termasuk kawasan timur Indonesia lainnya, sekalipun saat ini ada banyak rute penerbangan yang terpaksa ditutup.

"Target kita memang terus melayani ke kawasan timur Indonesia karena dari sisi kargo barang maupun penumpang tetap stabil, sekalipun ada penurunan drastis selama pandemi COVID-19," ujar Nyoman.
 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024