Jayapura (ANTARA) - Pemerrintah Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua  pada rancangan anggaran pembangunan daerah (APBD) tahun 2022 memprioritaskan kebijakan program dasar yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

"Pemkab Mamberamo Tengah minta DPRD untuk mengawal program kebijakan strategis daerah yang sudah dialokasikan dalam APBD 2022 karena sangat dibutuhkan masyarakat,"ungkap Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) seusai pembukaan sidang paripurna APBD 2022, Rabu.

Bupati RHP mengatakan, program kebutuhan dasar masyarakat yang telah dialokasikan dalam APBD 2022 di antaranya sektor pendidikan, kesehatan, infsrastruktur jalan, air bersih, listrik dan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal orang asli Papua.

Diakui Bupati, semua kebutuhan dasar masyarakat harus dibangun Pemkab Mamberamo Tengah karena sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah.

"Untuk tahun 2022 Pemkab Memberamo Tengah akan menuntaskan sejumlah program prioritas seperti pembukaan jalan, pembangunan kantor bupati, gedung DPRD, listrik dan air bersih,"ujarnya.

Ia berharap, penyelesaian jalan penghubung antar distrik dan kabupaten akan membuka akses perekonomian dan perdagangan bagi warga lokal orang asli Papua.

Sementara itu, Ketua DPRD Memberamo Tengah Hengky Yikwa mengatakan, materi sidang RAPBD 2022 dan Kebijakan Umum Anggaran serta Platfom prioritas Anggaran Sementara (KUA/PPAS) Pemkab Mamberamo Tengah sudah diserahkan menjadi bahan pembahasan alat kelengkapan dewan guna diambil keputusan.

"DPRD sedang mempelajari materi sidang RAPBD 2022 dari Pemkab Mamberamo Tengah, ya kami ada jadwal membahas semua tahapan materi persidangan,"ujarnya.

Pada rancangan APBD 2022 Pemkab Memberamo Tengah telah dialokasikan Pendapatan sebesar Rp913.699.160.202 dan Belanja Rp940.961.660.202 serta Surplus Rp27.262.500.000.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024