Sarmi (ANTARA) - Prajurit TNI Koramil 1712-03/Tor Atas Kodim 1712/Sarmi Serda Ruzumi dan Serda Surahman membantu warga Kampung Samanente, Distrik Tor Atas, Kabupaten Sarmi, Papua, mengelola pohon sagu untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Babinsa Serda Ruzumi dalam keterangannya di Sarmi, Selasa, mengatakan bahan dasar sagu terbuat dari pohon sagu yang telah diolah terlebih dahulu menjadi pati sagu.

"Pati sagu dikeringkan hingga menjadi tepung sagu. Dalam proses pengeringan itu dapat dilakukan menggunakan oven atau dijemur di bawah terik matahari,"ungkap Babinsa.

Serda Ruzumi mengatakan di samping membantu masyarakat dalam mengolah pohon sagu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga.

"Nantinya sagu-sagu yang sudah diolah tidak hanya dikonsumsi sendiri tetapi juga dapat dijual ke pasar guna mendapatkan penghasilan warga kampung," tambah anggota Babinsa lainnya Serda Surahman.

Bahan pangan sagu di Papua menjadi sumber ketahanan pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan makan warga di sejumlah kampung di Provinsi Papua.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024