Jayapura (ANTARA) -
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Papua berencana menjalin kerja sama dengan Provinsi Jawa Barat guna mengembangkan produk usaha kecil memegah lokal Bumi Cenderawasih.
 
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Papua Laduani Ladamay di Jayapura, Rabu, mengatakan salah satu bentuk kerja sama ini adalah dengan melakukan kolaborasi dalam menggelar pameran dagang.
 
"Salah satu provinsi yang akan bekerja sama adalah Jawa Barat," katanya.
 
Menurut Laduani, ketika PON XX berlangsung, Gubernur Jawa Barat sempat melihat beberapa produk lokal Papua yang memiliki daya tarik dan kekhasannya sendiri.
 
"Kerja sama dengan provinsi lain ini diharapkan dapat juga meningkatkan kreativitas anak-anak muda baik di Papua maupun wilayah lain dalam menciptakan sebuah produk bernilai tinggi," ujarnya.
 
Pihaknya mencontohkan jika anyaman noken dikombinasikan dengan hasil kerajinan tangan dari Jawa Barat maka dapat merangsang kreativitas anak muda pada kedua provinsi tersebut.
 
"Ini yang jadi tugas kami untuk menyambungkan kreativitas antar daerah, di mana kini kami sedang melakukan pembinaan kepada kelompok anak muda Papua," katanya lagi.
 
Laduani optimistis produk-produk lokal hasil kolaborasi anak muda antar daerah tersebut ke depan bisa membanjiri pasar nasional dan dunia.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024