Wamena (ANTARA) - Danramil 1702-01/Wamena Kapten Inf Aprin Paembonan bersama anggotanya  melihat langsung aktivitas masyarakat di Pasar Wouma Distrik Wouma, Kabupaten Jayawijaya telah normal pascaperdamaian konflick warga, Minggu, (23/1).

Danramil mengatakan, aktivitas masyarakat sudah kembali berjalan dengan normal seperti sediakala. Hal-hal yang sekiranya perlu diwaspadai dipastikan sudah tidak ada lagi.

“Dari penjelasan masyarakat dan pedagang maupun pembeli yang ada di lokasi pasar ini, mereka menjelaskan bahwa setelah ada perdamaian dari kedua kubu sampai saat ini tidak ada lagi kekacauan yang terjadi baik di pasar maupun di kampung-kampung dekat pasar Wouma,” ujar Danramil.

Piter (30) salah satu pembeli di pasar  mengatakan,  saat ini situasi sudah aman dan masyarakat tidak khawatir lagi keluar rumah untuk melaksanakan aktifitas seperti sebelumnya.

“Sekarang sudah damai lagi, mau keluar kemana-mana sudah tidak takut tidak seperti sebelum ada perdamaian, dimana masyarakat tidak berani keluar rumah bahkan sekedar untuk berbelanja keperluan rumah dan berbaur,"ungkap Piter.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan Koramil 1702-01/Wamena tersebut untuk memastikan bahwa segala kesepakatan bersama yang telah diputuskan pada perdamaian beberapa waktu lalu dipatuhi oleh kedua suku yang bertikai.

“Hal ini hanya sebagai antisipasi jika terjadi pelanggaran atas apa yang telah kita sepakati bersama. Kita berterima kasih bahwa kesepakatan kemarin dapat dijalankan dan masyarakat juga sudah merasakan dampak dari perdamaian tersebut. Segala aktifitas dapat berjalan dengan normal,” kata Dandim.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024