Jayapura (ANTARA) - Manajemen PT. Telkom hingga kini belum memastikan penyebab gangguan telekomunikasi yang terjadi di Jayapura sejak Selasa pagi (25/1) karena masih diselidiki.

"Belum dipastikan penyebab terjadinya gangguan jaringan yang terjadi di Kota Jayapura dan sekitarnya sehingga kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,"ungkap GM PT Telkom Papua Sugeng Widodo dalam keterangan tertulisnya, Selasa. 

Diakui,  pihaknya saat ini sedang mengupayakan perbaikan layanan akibat terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) yang menyebabkan penurunan kualitas layanan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya. 

“Saat ini kami telah melakukan re-routing trafik eksisting serta menyiapkan link backup satelit untuk sebagai solusi alternaltif backup trafik Telkom Group, "aku Sugeng seraya mengaku belum mengetahui  sumber gangguan. 

Disebutkan Sugeng investigasi masih dilakukan bersama pabrikan, dan PT Telkom. tengah  mengupayakan agar perbaikan dapat segera diselesaikan dan layanan dapat pulih kembali

Beberapa warga Kota Jayapura berharap gangguan telekomunikasi bisa segera teratasi mengingat hingga kini yang pulih baru jaringan media sosial sementara untuk telepon belum bisa. 

"Mudah-mudahan gangguan jaringan tidak berlarut-larut agar bisa beraktivitas kembali dengan normal mengingat telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan utama, "ungkap Nurul, warga APO. 

Gangguan telekomunikasi terjadi sejak Selasa pagi dan sekitar pukul 19.50 WIT kembali normal walaupun hanya jaringan untuk media sosial seperti WhatsApp (WA), YouTube dan lainnya sedangkan jaringan telepon belum dapat digunakan. 

 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024